RIPIW ALBUM : Kelelawar Malam – Jalan Gelap : Beresiko Menginjak Tai Disetiap Lagunya

IMG_20170407_185246

Gambar 12.0 Jalan Gelap yang kau tempuh penuh lubang dan berdaki (luluran dong cyin..)

Pertemuan saya dengan Kelelawar Malam terjadi pada tahun 2009. Kamu tau web portal download mp3 yang bernama indieshowbiz? disitu saya download debut kumpulan lagunya yang mereka beri nama “Desmodus Rotundus“. Kaget awal kali mendengarnya, karena ini sangatlah misfits tapi memiliki gimmick yang seru, Setan lokal! Album Desmodus Rotundus memang tak sempurna, masih kurs kalo didengar tapi tetap gimmicknya asik. Setahun kemudian Kelelawar Malam mengeluarkan album self titlednya yang membuat eek & air pipis saya berwarna hitam bagaikan dosa memakan balakutak (cumi bertinta). Debut album ditahun 2010 membuat saya keracunan parah, tiap hari kuat mendengarkan albumnya seharian di repeat sampe berak pun berdarah tetap asik untuk disikapi. Didukung dengan perform panggungnya yang selalu men-summon pocong dengan job desc crowd surfing, drummer makan kembang sesajen, & kuntilanak terbang membuat saya menjadi worshiper band setan ini.

Setelah 7 tahun lamanya mereka akhirnya kembali membawa kegelapan yang pekat seperti ee yang sudah bercampur lumpur di selokan. Racun berat!  lagi-lagi albumnya membuat saya tak lepas mendengarkannya seharian. “Jalan Gelap” didaulat menjadi nama albumnya, sangat beresiko menginjak ee di Jalan Gelap yang kau pilih bos.Album ini berisi 8 Lagu sedap yang siap memperlonco kuping anda. Kelelawar Malam pun tidak setengah hati memberikan tema tentang kegelapan pada para sobat Wali senusantara.

Disambut dengan lagu “Jalan Gelap” dengan gombrengan gitar yang berdistorsyen yang aduhai disupport dengan lirik-lirik bercerita tentang mencari kekuatan untuk kuat ee keras pada sang kegelapan. Lirikal super iblis ini cukup mengagetkan ketika part akhir sedikit mencomot lirik lagu romantis Iwan Fals “Jalan Gelap yang kau tempuh (kalo Iwan Fals “Pilih”), Penuh Lubang dan mendaki“, sabi gan. Dilanjut dengan lagu “Desmodus Rotundus“, tentang transformasi diri menjadi manusia kelelawar yang hobi mencupang leher-leher para gadis manis manja grup. Di track 3 “Setan Jalanan“, Kelelawar Malam bercerita tentang setan pengendara motor yang kebelet pipis dan terpaksa masuk wc sekolah dasar yang saya selalu anggap sebagai neraka karena selalu dikejutkan dengan tai yang tidak dicebor bersih di kloset, “Melesat maju memuju Gerbang neraka!!!” awxh xeram!

Gitar di lagu ke empat di album ini sungguh hacep, “Babylon” dibawa dengan vokal yang getir dan menakutkan oleh Sayiba Von Mencekam. Sangat heavy! terbaik sejagat raya, asupan nyanyian dan gitar ter-kick ass di album ini. Babylon menceritakan tentang keangkuhan orang yang menganggap dirinya kesayangan Tuhan dan suatu saat kotanya akan hancur rata seperti babylon.. sebenarnya saya cukup bosan dengan band yang membahas tentang beginian, tapi Kelelawar Malam cukup membuat lirik yang gress tentang pembahasan kegelisahan warga facebook sekarang, tak setengah hati menyinyir dengan kegelapan maksimal. “Horror Metal Punk” menjadi lagu anthem jenis musik kebanggan Kelelawar Malam.  Lagu dengan deskripsi samar yang keren sarat akan kegelapan super mengingat lagu Grunge Harga Mati milik Cupumanik yang pride akan genre musiknya namun berkesan ditelinga w iyuwhh bingz bwakakakka. Setelah ber-Horror Metal Punk maka “Ordo Vampir” menjadi anthem penularan ras vampire dengan menghisap darah, “Bergabunglah, Berikanlah darahmu untuk kita semua” abis mimi darah mencret-mencret dah loe. Dilanjut dengan “Sang Pembantai” yang memiliki intro dengan kocokan gitar yang saya rasa cukup kocak wakakakakak. banyak barisan lirik yang saya suka di lagu yang sadis ini seperti “Terkejutlah melihat usus terburai di dinding“, & repetisi di reff “Dendam yang akan lunas” dibayang bagaikan orang yang kebelet wkwkwkwk, absurd namun seram juga.. black comedy lah wkwkwk. Lagu terakhir berjudul “Merapi“, lagu ini terasa sungguh black metal dipertengahan lagu. disuguhi bridge yang nampol lagu ini sungguh gurih mencekam. Bercerita tentang gunung Merapi yang meletus, pembawaan liriknya asoy juga mendeskripsikan tanda-tanda kiamat kecil di gunung berapi.

Cukup gembira mendengarkan album Kelelawar Malam ini, dari awal kali didendangkan tidak ada yang membosankan. Selalu terbayang-bayang part yang sing along-able, ber “wo-o” ria dengan lirik reff yang tak karuan. Album Jalan Gelap ini memang oase dimana saya sudah malas banget dengerin metal, grindcore, hardcore, bahkan punk sekalipun. Kelelawar Malam hadir tiba-tiba seakan-akan orang yang ketiduran di wc keluar setelah bertahun karena kebanyakan coli. Album ini seperti penyempurnaan debut album self titled, tidak membuang identitas lamanya namun tetap masih juara tidak membosankan membawa tema-tema kegelapan yang makin beragam. Minusnya album ini hanyalah durasi yang kurang panjang, namun tetap sughoi. Sangat rekomended, hati-hati tersesat di tengah lagu, dan menginjak ee orang gila di Jalan Gelap milik Kelelawar Malam.

Korongmentah

Advertisements

One thought on “RIPIW ALBUM : Kelelawar Malam – Jalan Gelap : Beresiko Menginjak Tai Disetiap Lagunya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s